Pengertian Struktur Sosial Menurut Para Ahli Sosiologi

Struktur sosial bagaikan sebuah bangunan yang tersusun dari berbagai bagian yang saling terkait. Perbedaan-perbedaan individu dalam masyarakat selain dipengaruhi oleh potensi yang ada pada dirinya juga dipengaruhi oleh potensi yang berasal dari luar, yakni lingkungan alam. Perbedaan yang disebabkan oleh faktor fisiografis alam ini meliputi curah hujan, iklim, jenis tanah, kandungan mineral, kondisi tanah, dan lain-lain. Kesemuanya ini juga akan memengaruhi jenis flora dan fauna yang hidup di dalamnya.

Masyarakat pesisir dengan kondisi alam yang keras dan panas serta potensi alamnya yang hanya memungkinkan penduduk bermata pencaharian sebagai nelayan mengakibatkan struktur dan pola masyarakatnya memiliki kekhasan tersendiri yang membedakan dengan masyarakat lainnya, sehingga hal tersebut juga akan membentuk perilaku manusia yang pada akhirnya akan menjadi kebiasaan dan pola bersama. Pola bersama yang diyakini sebagai sistem bersama tersebut meliputi sistem nilai dan norma. Seringkali dari sistem-sistem tersebut berpengaruh pada struktur sosial dalam masyarakat.
 Struktur sosial bagaikan sebuah bangunan yang tersusun
dari berbagai bagian yang saling terkait.

Para ahli sosiologi memiliki pendapat dan pandangan yang berbeda-beda berkaitan dengan konsep struktur sosial, antara lain:
  • Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi (Dalam Soerjono Soekanto, 20 ; 2005)
Sponsor

Struktur sosial adalah keseluruhan jalinan antara unsur-unsur sosial yang pokok, yaitu kaidah-kaidah sosial (norma-norma sosial), lembaga-lembaga sosial, kelompok-kelompok sosial, serta lapisan-lapisan sosial.
  • Firth (Dalam Basrowri, 67 ; 2005)
Struktur sosial dianggap sama dengan organisasi sosial yang mengacu pada hubungan-hubungan sosial yang lebih fundamental yang memberikan bentuk dasar pada masyarakat, yanga memberikan batas-batas pada aksi-aksi yang mungkin dilakukan secara organisatoris.
  • Abdul Syani (Dalam Basrowri, 69 ; 2005)
Struktur sosial adalah suatu tatanan sosial dalam kehidupan masyarakat yang merupakan jaringan dari unsur-unsur sosial yang pokok.
  • Soerjono Soekanto (59 ; 2005)
Struktur sosial merupakan jaringan dari unsur-unsur sosial pokok, yang meliputi:
  1. kelompok sosial,
  2. kebudayaan,
  3. lembaga sosial,
  4. stratifikasi sosial,
  5. kekuasaan dan wewenang.
  • D. Hendropuspito (89 ; 1999)
Struktur sosial adalah skema penempatan nilai-nilai sosio-budaya dan organ-organ masyarakat pada posisi yang dianggap sesuai, demi berfungsinya organisme masyarakat sebagai suatu keseluruhan, dan demi kepentingan masing-masing bagian untuk jangka waktu yang relatif lama.

Berdasarkan pendapat dari beberapa ahli sosiologi di atas, dapat disimpulkan bahwa struktur sosial merupakan bangunan/jaringan sosial yang mencakup hubungan sosial antara individu secara teratur pada waktu tertentu yang merupakan keadaan statis dari suatu sistem sosial.


Cara Belajar, Berprestasi Di Sekolah, Ayo Sekolah, Ilmu Teknik, Cara Mudah Belajar, Sekolah Dasar, Rajin Pangkal Pandai, Mari Belajar, Sekolah Untuk Semua, Bangku Sekolah
 
Copyright © 2011 Bangku Sekolah | Themes by ada-blog.com.